Cara Menjaga Pola Makan Yang Sehat



Cara menjaga pola makan yang sehat- Makan merupakan kebutuhan mahluk hidup setiap hari, buan hanya kita, tumbuhan dan juga hewan juga membutuhkan makan agar tetap terus hidup. Karena makan merupakan sumber yang paling penting dalam kehidupan. Makan sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu :

- Makanan sehat bagi tubuh
- Makanan yang tidak sehat bagi tubuh

Lalu seperti apa makan yang sehat dan makan yang tidak sehat ?

> Makanan sehat, tentunya makaana yang bergizi yang baik buat tubuh seperti.
     Makan yang tidak mengandung bahan pengawet, yang biasanya berasal dari makan kaleng pabrikan.
    Makan yang masih fres atau masih segar artinya tidak basi atau kadaluarsa.
    Makanan yang mengandung asupan gizi yang tinggi misalnya seperti nasi, sayur ,buah, ikan laut, dagimg, dll.
Dan yang paling penting kita harus pintar memilih makan seperti apa yang baik buat tubuh kita, terutama dalam kesegaran dari makan tersebut.

> Makanan yang tidak sehat bagi tubuh
     Makan yang mengandung bahan pengawet atau bahan ilmiah berbahaya sperti makanan yang tidak mempnyai label standart kesehatan. Ditambah lagi dijaman sekarang sudah banyak orang yang mencari keuntungan dengan menjual makanan berbahaya dengan mencapur bahan ilmiah didalamnya.
   Makan yang sudah basi dan kadaluarsa, jika kita ingin membeli makanan yang jual ditoko atau swalayan. Yang perlu di perhatikan adalah tanggal tanggal berlaku layak komsumsi dai makanan tersebut atau yang lebih tepatnya tanggal exspired.
   Makanan yang tidak bergizi yang tidak bermanfaat bagi tubuh, atau malah membahayakan tubuh.Baca selengkapnya di sini


Baca juga tips sehat lainya Pola hidup sehat tiap hari tanpa penyakit

Kembali lagi kepada pokok pembahassan cara menjaga pola makan yang sehat disini juga terbagi dua bagian yaitu :

- Waktu untuk makan dan,
- Porsi dari makan itu sendiri.

Saya akan menjelaskan satu-persatu karana ini memang bagian dari pokok pembahsan langsung saja di simak.

> Waktu untuk makan
        Memperhatikan waktu untuk makan adalah adalah hal yang paling penting dalam menjaga pola makan sehat.Seperti yang sudah di anjurkan dalam waktu makan, yang paling baik dan ideal untuk makan 3x sehari. Memang iya, tidak ada batasan hukum atau peraturan yang membatasi tentang berapa kali kita makan dalam sehari. Selama perut kita masih muat dan ada yang di makan itu sah-sah saja. Mungkin efeknya hanya gemuk, tapi jika kita mengimbangi dengan berolah raga maka lemak tersebut juga akan menjadi energi bagi kita, itu yang memimiliki selera makan tinggi.

terus bagai mana yang memiliki selera makan rendah atau yang lagi ikut program yang lagi ngeternd sekarang yaitu diet. Yang jadi masalah tipe yang seperti ini,demi mendapatkan tubuh yang ideal yang sesuai dengan yang di inginkan. Biasanya mereka mengurangi waktu jam makan tersebut, misalnya dari 3x sehari menjadi 2x sehari bahkan 1x sehari. Itu malah akan membahayakan diri sendiri, sudah banyak dari oarang yang sengaja untuk mengurangi jam makan meekan malah menjadikan mereka kurang giji dan jadi kurus. kalau memang ingin diet, detlah dengan cara yang benar dan sehat atau tanyakan kepada dokter bagai mana cara diet yang sehat tanpa mengurangi waktu jam makan. Jika tidak ingin menderita magh atau terkena radang lambung.

> Porsi dari makan itu sendiri
       Seperti yang di jelakan di atas selera atau nafsu dari seseorang itu berbeda-beda, maka porsi yang dimakan juga pasti berbeda. Dan untuk takaran berapa banyak makan yang baik itu masih menjadi kontroversi. Tapi menurut kebanyakan docter menyarankan berhenti makan sebelum kenyang, karena dengan begitu lambung dan organ lain yang bertugas untuk memproduksi makanan di dalam tubuh bisa bekerja dengan baik.

Menjaga pola makan dan mengtur selera makan kita memang hal yang sangat penting bagi kesehatan. Terutama jenis makanan yang kita komsumsi harus seimbang atau Empat sehat Lima sempurna.
Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan hari ini kepada anda tentang  cara menjaga pola makan yang sehat, jika ada kata-kata yang kurang lengkap atau isi dari kontent keseluruhan kurang bermutu. Saya minta maaf karna memang saya masih sangat pemula.

Terimaksih dan semoga bermanfaat...
 
Artikel terkait :
:: Tanaman herbal yang paling ampuh untuk mengobati penyakit kanker

:: 13 Manfaat cabe untuk kesehatan

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 Komentar:

  1. kalau makan makanan yang tidak boleh dimakan setiap hari seperti apa ya... yang rentan bahaya bagi tubuh...?

    ReplyDelete